..:: Al-Quran:::..

Bila belum siap melangkah lebih jauh dengan seseorang, cukup cintai ia dalam diam... kerana diammu itu adalah salah satu bukti cintamu padanya...kau ingin memuliakan dia, dengan tidak mengajaknya menjalin hubungan yang terlarang, kau tak mahu merosak kesucian dan penjagaan hatinya.

-al-'Asyiq


قُلْ سِيْرُوا فِى الَأَرْضِ فَانْظُرُوْا كَيْفَ بَدَأَ الخَلْقَ



" Tanda Kita kasih Kepada al-Qur'an Ialah Dengan Kita Membacanya, Beramal Dengannya, Memahami Tuntutan, Menjunjung Suruhan dan Meninggalkan Larangan-Nya.."

"...Sesungguhnya Allah Tidak Melihat Kepada Jasad dan Tidak Juga Kepada Rupa Paras Kamu, Tetapi Allah Taala Memandang Kepada Hati Kamu.." - Hadis Rasulullah SAW.

::..Baca dan Cintai al-Quran & Buku Demi RedhaNya Supaya Tergolong Dalam Orang-Orang Yang Berfikir..::

`::: HaDis :::


click to create your glitter text

Rasulullah SAW bersabda: " Barangsiapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memberi kemudahan baginya menuju syurga.."

~ Mutiara kata al Hikmah ~

" Allah menurunkan rahmat ilmu melalui lapar dan berpuasa. Sebaliknya kejahilan terjadi akibat perut yang sentiasa kenyang."

Wednesday, February 19, 2014

MARAH HANYA KERANA ALLAH



Berkata para Ulama' yang ahli ilmu dan ahli pengetahuan sebagaimana yang di kutip dari perkataan Para ulama dan para ahli bijak.

sesungguhnya Marah adalah dari setan, marah akan menarik , terjatuh kepada akibat yang buruk yaitu perbuatan-perbuatan maksiat dan dosa serta perbuatan yang Buruk, dan menarik kepada setiap perkara yang membuat Allah Murka.

sebaik-baiknya manusia adalah : Orang yang tidak cepat marah dan cepat reda marah nya. Jika ia marah maka ia tidak marah melainkan jarang sekali, serta tidak cepat-cepat marah melainkan segera mengampuni dan memaafkan, hatinya sehat.

seburuk-buruknya manusia, adalah orang yang cepat marah dan lambat reda, ia marah dengan cepat . wajahnya memerah, mencaci, melaknat -Wal iyadzu billah-, bahkan terkadang memukul, namun ia tak bertaubat dan tidak kembali kecuali setelah masa yang sangat lama, tidak memaafkan kecuali jika di paksa, dia dengki dan benci kepada mu

sebagaimana yang telah di katakan : sesungguhnya marah adalah potongan dari api, orang yang marah maka segala perbuatan nya menjadi salah. sebagaimana yang di katakan oleh ulama'

إذا أردت أن تنظر إلى صورة الشيطان فانظر إلى صورة الغضبان
jika engkau ingin melihat bentuk setan maka lihatlah rupa nya orang yang sedang marah.

beginilah keadaan sebagian manusia di zaman sekarang sebagaimana yang kita lihat dan kita saksikan, oleh itu maka Takulah kepada Allah. mereka menjadi marah hanya karena perkara yang sepele, yang tidak seharus nya dan tak patut untuk marah. terkadang mereka marah hanya karena demi syahwat, dunia dan kelezatan, kita jumpai mereka mengenderang perang kepada manusia, mencaci, melaknat dan lain sebagai nya dari sifat-sifat setan yang sangat buruk.

Atau jika salah satu sedikit lalai terhadap hak-hak nya terlebih kepada isteri maka kita jumpai ia segera mencaci, memaki dan melaknat. wal iyadzu billah. bahkan bisa sampai memukul dan menyakiti, Wala haula wala quata illa billah.

dan mereka tidak marah atas perkara akhirat, jika ia mensia-siakan atau anak-anak mereka mensia-siakan perkara akhirat. terkadang putra dan putri nya meninggalkan shalat atau melakukan perbuatan yang haram atau menyelisih ajaran islam, engkau jumpai mereka malah tertawa-tawa dan tidak marah sekalipun terhadap hal yang demikian padahal yang seperti itu adalah berhak untuk marah karena Allah ta'ala. malah mereka berkata " Anak-anak kami adalah bebas terhadap apa yang mereka lakukan. - atau dengan alasan -kami tak mampu mengawal mereka- atau yang lebih parah mereka menjawab, ini adalah perkara yang biasa.

Orang-orang ini harus Tahu, bahwa sesungguhnya Murka Allah adalah lebih dahsyat di karenakan kelalaian mereka dalam perintah-perintah Allah dan kelalaian mereka dalam mendidik dan mengajari anak-anak nya , anak-anak nya akan menjadi bencana dan petaka, menjadi cela keatas mereka, dan Allah akan meminta pertanggung jawaban mereka kelak di hari kiamat, dengan pertanyaan yang teramat dahsyat dan siksa yang teramat pedih. sebgaimana yang telah di sebutkan di dalam Hadist.

كلكم راعٍ و كلكم مسؤلٌ عن رعيته
setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanya tentang orang yang dipimpinnya

hal yang pantas adalah marah karena Allah, Adalah jika perintah-perintah Allah, ajaran agama nya, dan apa yang telah di datangkan Oleh nabi nya Al-musthafa, sebagai Rahmat bagi Alam semesta shalawatullahi wa salamaamuhu Alaihi di langgar.

Obat marah adalah. Berdiri dari tempat duduk mu dan pindah ke tempat yang lain dan rubah posisi tempat mu. Basuh mukamu dengan air, sebab Marah adalah api dan api tidak dapat di padamkan kecuali dengan air. jangan menyebut nama Allah pada saat dalam keadaan marah, kemungkian ia tidak tahu dari apa yang ia katakan, bersegeralah mema'afkan dan mengampuni, ingatlah firman Allah.

وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

sebagaimana yang di sebutkan di dalam sebuah hadist yang telah di tuturkan oleh Imam nawawi dalam kitab Arabain nawawi.

أن رجلاً جاء إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقال له : أوصني يا رسول الله ، قال : لا تغضب فردد مراراً قال : لا تغضب

salah seorang laki-laki berkata kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam: 
Berilah wasiat kepadaku.' Nabi bersabda:'Jangan marah.'Maka beliau mengulang-ulang:'Jangan marah' .

Ambillah nasihat itu, fahamilah, luruskan bila ada yang salah, semuga Allah anugerahi kalian Taufik.

No comments: